One day one juz, odoj,

20140401-224139.jpg

ngapain baca banyak banyak kalau nggak paham maksudnya? Percuma cepet2 kalo artinya ga tau… Mending sedikit tapi paham!

Entah sudah berapa mulut yang bicara seperti itu tiap kali ODOJ disebut.

Ehm, aku bukan pelaku ODOJ. Alesannya? Ya belum sanggup aja. But, let me have my opinion about this. After all, Quran is a book, the best seller book of all time, and i am book lover, right?!

Jumlah umat muslim di dunia sekarang sekitar 2.000.000.000 jiwa. Jikalau separuh saja adalah muslim yang hanif maka 1.000.000.000 jiwa adalah orang2 yang kesehariannya tidak lepas dari Quran. Masing2 orang dari 1.000.000.000 jiwa ini sepanjaang harinya setidaknya melantunkan “sekapur sirih” dari Buku yang termasyur ini sebanyak 17x setiap harinya, artinya Al Fatihah dibaca 17milyar kali setiap hari.

Jika satu kali bacaan Alfatihah butuh waktu 10 detik saja, maka untuk melantunkannya 17 milyar kali dibutuhkan waktu 170 milyar detik atau setara 47 juta jam, atau setara 2 juta hari, atau setara 5.300 tahun. *kayaknya estimate muslim yg hanif harus diturunin nih, susah ngitungnya*

Itu baru alfatihah doang, itu baru satu hari doang, sementara usia Al Quran sudah 14 abad!

Sementara itu juga, muslim yang hanif tidak mungkin hanya membaca alfatihah, pasti ada 1-2 ayat lainnya. Nih kalau ya.. Kalau semua muslim hanif tadi masing2 membaca satu ayat dari al quran, dengan jumlah ayat 6.236 ayat, maka dalam satu hitungan Al Quran bisa khatam sebanyak 160ribu kali.

Nggak bosen2 orang2 membacanya sih? Tanpa ada edisi revisi atau edisi yang telah disempurnakannya loh…. Udah 14 abad loooh!

Ah gw ngelantur, apa hubungannya dengan odoj?

Yah, aku cuma heran aja, apa yg mengucap “percuma kalau gak tau artinya” ituuu bener tahu kalau benar2 percuma bila membaca Al Quran tanpa tahu artinya?

14 abad kitab ini terjaga, setiap detik, ayatnya selalu terlantun tanpa henti di muka bumi ini. Dihafal huruf per huruf oleh jutaan ribu umat semenjak diturunkannya. Kenapa orang2 mau melakukannya? Apa benar akan percuma jika membacanya saja tanpa mengerti artinya?

Lihat deh gambar di ujung atas sana, terjemahan dari QS ArRad : 31

dan sekiranya ada bacaan yang dengan itu gunung dapat digoncangkan, langit terbelah dan orang mati dapat berbicara, itulah AlQuran

Gunung saja bisa digoncangkan
Langit bisa dibelah
Orang mati bisa bicara
Dan kamu bilang percuma membacanya??
Kamu samakan kitab se-maha ini dengan buku2 berbahasa asing yang tidak kita baca karena tidak paham artinya??

Dahulu kala, tidak ada manusia yang paham akan proses metabolisme. Yang mereka tahu, apabila mereka makan, perut mereka kenyang, tidak sakit dan melilit. Kenapa begitu? Ya begitulah sunatullah.

Boleh kiranya aku berpendapat, begitu pula dengan membaca AlQuran. Otakku mungkin tak mengerti, tapi hatiku mengerti, karena Al Quran seperti yang Rasulullah SAW terangkan adalah treatment bagi hati, dan bukankah baik buruknya seseorang dilihat dari kondisi hati?

Bukan berarti lantas kita tidak perlu mengkaji lebih dalam lagi loo, tapi ingatlah kisah anak kecil dengan keranjang bambunya yang kotor….

Sepanjang pagi kakeknya memintanya mengisi bak mandi dengan air sungai yang dibawa dengan keranjang bambu bekas tempat sampah. Sang bocah merasa itu adalah hal yang sia-sia, karena keranjang bambu lubangnya dimana-mana. Ketika siang tiba diungkap keluh kesahnya itu pada kakeknya. sang kakek lantas menunjuk keranjang, yang sekarang sudah bersih dari segala noda.

Tidak ada niat baik yang sia -sia.

One thought on “One day one juz, odoj,

  1. hai titaa…. lama aku tak berkunjung ke sini, ternyata blog mu dah hidup lagi ya?! huahahaha

    aku dulu pernah nyoba “versi mudah” odoj, ternyata paling susah itu buat istiqomah. yo wes lah, semampunya aja…

    iya, kalo niat baik insyaalloh ga ada yg sia-sia kan ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s