Belajar dari Pocari Sweat, The Living Legend

 Tahu tidak sejarah Pocari Sweat? itu looh, minuman yang semboyannya GO-ION!, yang dulu saat pertama kali mencoba pasti membuat kita berjengit seraya berkata, “Rasanya aneh!” tetapi tetep saja beli-beli lagi. Bagi yang belum tahu, coba deh buffering sejenak video  dibawah ini. Saya jamin, waktu yang teman-teman luangkan tidak akan sia-sia.

Keren kan!? Wow kan!? Pelajaran apa yang kalian dapatkan sewaktu melihatnya? Tulis di kotak komentar ya, berbagilah dengan saya. Sementara itu, biarlah saya yang mulai bercerita 🙂

Kalau saya, saya melihat kelebatan-kelebatan buku yang telah saya baca.

“lho ko bisaaaa? Opo hubungane, dab!?”

Yaaa, kan saya sukanya membaca. Jadi, wajar dong bila yang muncul adalah berbagai mantra ajaib yang tertera dalam buku-buku best seller.  Mulai dari Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, Negeri 5 Menara dan Ranah 3 warna karya A. Fuadi, hingga The Secret milik Rhonda Byrne yang terkenal di seluruh penjuru bumi.

Jika buku-buku itu memiliki mantra-mantra ajaib yang menjadi  inspirasi  bagi anak-anak muda, seperti saya ehem, untuk  berani mengejar cita-cita, Pocari Sweat-lah bukti nyata bahwa mantra itu bukanlah tulisan  kosong dalam buku  belaka. So Guys, This one is a story of a Living Legend.

Ide gila!

Pocari sweat pada awalnya adalah ide gila. Menjadikan infus sebagai minuman. Untung saja Pak Harima bekerja di Jepang. Kalau saja ia bekerja di Indonesia, mungkin sudah habis Ia menjadi bahan tawa rekan kerjanya. Membutuhkan keberanian besar untuk mengajukan ide gila semacam itu kepada orang lain,  Pak Hanima adalah sosok istimewa karena memilikinya. Apa yang sebenarnya Pak Harima lakukan adalah berani bermimpi, mimpi yang paling liar sekalipun. Dan lihatlah, setelah tiga tahun  yang panjang, akhirnya Tuhan Memeluk Mimpi-mimpi Itu .

Ijin untuk riset minuman kesehatan telah dikantongi, maka Pak  Takaichi segera melakukan riset mendalam tentang keringat. Ia bersungguh-sungguh dalam  melakukannya, sampai meminum keringatnya sendiri wekss. Ketika konsentrasi larutan ion yang tepat untuk pengganti keringat telah ditemukan, apakah artinya dia telah berhasil? Belum dong!

Minuman bisa disebut minuman, kalau sudah layak diminum. Larutan ion itu rasanya pahit, maka dibutuhkan kerja keras lagi agar menjadi minuman yang layak. Bulan demi bulan berlalu, tahun-pun telah berganti, penelitian Pak  Takaichi itu tidak kunjung menemukan titik terang. Mana yang bukti kata pepatah “Yang bersungguh sungguh akan berhasil?” ?

Aih, kawan,….Tak tahukah kamu? Benar bahwa siapa yang berusaha pasti akan berhasil. Namun diantara usaha dan berhasil selalu ada jarak yang memisahkan. Jarak itu bisa saja ditempuh dalam satu hari, tetapi mungkin juga butuh seminggu, sebulan, atau bertahun – tahun. Dalam jarak antara usaha dan sukses itulah kesabaran diuji. Hanya bila kita cukup bersabar, jarak tersebut dapat dilampaui. Sabar itu sendiri bukan pasif, tapi aktif bertahan, aktif mencari solusi, aktif untuk tidak menyerah pada keadaan. Dalam kesabaran, seseorang tak mungkin benar-benar gagal. Karena sejatinya kegagalan  hanya milik mereka yang menyerah,  yang tak mau sabar dalam berpayah-payah.

Pak  Takaichi berusaha dengan pantang menyerah, melebihkan bekerja, mengurangkan tidur,tapi tetap tak ada kemajuan yang signifikan, bagaimana mungkin dia sukses? bagaimana? tenang, sabar dan lihatlah, tak lama nasip baik akan menyapanya.


Apakah sekedar kebetulan, bahwa periset minuman serbuk-rasa-jeruk itu muncul ketika Pak  Takaichi, Pak Harima dan pak Otsuka sedang bingung memikirkan cara untuk mengurangi rasa pahit pada larutan ion? Apakah sekedar kebetulan, bahwa Pak Otsuka tiba-tiba memiliki ide mencampur larutan Ion dengan minuman serbuk? Dan apakah sekedar kebetulan, bahwa pada tahun Pocari Sweat mulai dikenal terjadi musim panas yang teramat panas di Jepang yang berakibat pada meningkatnya penjualan?

Kalau kalian belum  juga menyadarinya kawan, saya rasa itulah yang disebut konspirasi alam semesta. Saat – saat dimana tangan Tuhan turut serta mewujudkan impian mereka.

Jadi, itu lah yang bisa dipelajari ya! Belajar dari Pocari Sweat, Sang Legenda Hidup, mulai sekarang saya akan lebih berani  bermimpi karena saya yakin  Tuhan akan memeluk mimpi mimpi itu. Saya akan lebih berusaha dimana dalam usaha itu saya akan lebih bersabar hingga alam semesta bekerja membantu saya. And at one beautiful day, I believe my dream will also comes true.

Eh, tunggu…..Apakah pelajaran itu sudah tersebut semua!?

Waaa, ada yang ketinggalan rupanya….

Going the extra mile berarti berjuang lebih dari rata-rata orang atau menyempurnakan usaha. Pak Takaichi tidak begitu saja  puas dengan rasa jeruk yang diberikan minuman serbuk. Ia mencari lagi, mengupas jeruk demi jeruk, mencampurnya dengan takaran tertentu, kemudian mencicipinya satu per satu. Telaten luar biasa!  Pak Harima, ketika semua rekannya telah mengatakan minuman dengan kadar gula 7% terasa lebih enak, beliau tidak serta menerima. Beliau mengajak anak buahnya naik gunung hanya karena ingin menemukan rasa  yang lebih tepat untuk orang yang sedang berkeringat. Sementara Pak Otsuka, dengan berani memutuskan untuk mengedarkan Pocari Sweat secara gratis sepanjang tahun dan  memposisikan perusahaan dalam keadaan merugi. Semua itu demi membuka pasar untuk Pocari Sweat. Coba renungkan tindakan mereka itu, bukankah dapat dikatakan melebihi usaha rata-rata orang lain!?

Ya, saya rasa merekalah contoh orang-orang  yang rela “going the extra miles” .Oang -orang yang memimpikan kedekatan dengan kesempurnaan,  yang sekarang boleh berbangga hati karena keyakinan mereka, yang dahulu banyak disebut sebagai kebodohan sia sia telah memberikan hasil yang luar biasa.

Tak masalah berapa jauh jarak yang harus ditempuh. Satu mil atau seribu mil pun tak masalah. Asalkan  jarak itu mengantarkan kita satu langkah lebih dekat dengan  kesempurnaan, sungguh waktu yang terpakai tak akan sia-sia. Seperti nasehat Pak Otsuka, “Kalau sekarang menyebar benihnya, pasti akan berbuah banyak dikemudian hari”

7 thoughts on “Belajar dari Pocari Sweat, The Living Legend

  1. bobubaca says:

    For this post, I proudly say “I’ve gone some extra miles”…hopefully enough to make the universe turn its attention to me😀

  2. kalo pesan yang dita tangkep adalah:

    1. suatu tekad yang besar patut dimiliki oleh orang yang ingin maju

    2. jangan takut untuk bereksperimen

    3. Jangan ragu sama pendapat kita, tapi terima masukan dari orang lain dan percaya sama insting

    4. berani mengambil resiko, jangan mudah menyerah dan tetap optimis

    Salam kenal…. D

  3. Aku nonton sama suami pas videonya ditayangin di tipi. Bengong, kagum, salut banget. Tapi kok ya aku masih merasa diriku tak punya mimpi, ya?! Tanya kenapa…😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s