Fantastic Beast and Where to Find Them

Howdy People..

Senangnyaaa, akhirnya setelah minggu-minggu penuh kerja, dinas luar (ato dinas liar?) dan kuliah, saya bisa jalan-jalan sejenak. Ndak  jauh  sih perginya, cuma ke Plaza (aihh,,ndak  kreatip banget deh, tapi irit hehehe)

Di Plaza ngapain?

mmm..main  ke….gramedia🙂

Whatever lah, yang penting senang, melihat jajaran buku  baru itu aja sudah cukup bikin hati ini ‘adeeem’

Jalan -jalan-jalan, sepasang mata bola  yang rabun ini tertumbuk pada buku tipis bersampul merah dengan label nama bertuliskan ‘Property of Harry potter’ . Eeeh, Fantastic Beast and Where to Find them, muncul lagi!! beli?? nggak lah, sekarang pesen onlen saja,  hemat sampai 15%.  Kalau beli 5 buku, total diskonnya bisa buat beli satu buku lagi, asik asik deh!!

Fantastic Beast and Where to Find Them karya Newt Scamander  adalah buku untuk pelajaran Pemeliharaan Satwa Gaib di Hogwarts School. Buku yang diterbitkan untuk muggle disadur dari buku milik Harry Potter ditahun ketiganya, so jangan heran kalo di dalamnya banyak corat-coretan tangan karya Harry dan Ron.  Bukunya pertama kali terbit di Indonesia waktu saya  (kalo ga salah) kelas 1 SMA, jadi kira-kira tahun  2001/2002. Mendapatkan buku ini cukup susah, harus nitip mas Jamal, kakaknya Azzie yang kuliah di Jogja.  Jaman itu, di Solo tuh  belum ada toko buku gedhe, cuma ada ‘Toko Buku Sekawan’ yang nyempil di ruko (udah susah, ilang lagi, padahal cetakan pertama). Harganya 14 Sicke , 3 Knut, saat itu setara 10rb rupiah, eh sekarang setara dengan  15rb rupiah. Kalau 1 Galleon = 17 sickle = 29 Knut, berarti inflasi rupiah ke galleon, sicke dan knut  dari 2001 – 2009 berapa? Nilai tukarnya sekarang berapa? hayoo Potteraholic.. hitung dunk!!

Buku ini :

1. Keren,, ya keren, wong isinya adalah detail kehidupan hewan- hewan fantastis yang memang sudah keren dari sononya. Mulai dari yang lucu imut-imut macam Pigmy Puff (Ginny punya itu lo, yang beli di Sihir Sakti weasley), aneh macam monkeskein (Hadiah ulang tahun Harry yang ke-17 dari Hagrid),  cool macam Buckbeak the Hippogriff sampai nakutin macam Aragog The Acromantula dan jahat macam Basilisk. Dan banyak..banyak..banyak binatang  lain yang pasti kereeen kalau dijadikan peliharaan_^

2. Kocak,, ya,   kocak coz oret oretan ngga jelasnya Harry dan Ron . Harry memang berbagi bukunya dengan Ron, coz bukunya ron hilang entah kemana. Realita yang sempat membuat geram er-my-knee dan menjadi sebab musabab buku Harry penuh coretan sejak dari halaman pertama. Dari coretannya itu sebenarnya sudah rada keliatan betapa Hermy tuh perhatian sama Ron😛

3.   imajenatif abizz!! Bisa bisanya ya JK ber-imajenasi se-ngga  masuk akal itu…dan yang luebih ngga masuk akal lagi, hewan-hewan fantastis itu serasa logis gitu waktu di tulis di buku.  (Nah Lo, piye kui!)

Syukur alhamdulillah-nya lagi, buku ini,  di alih bahasa-kan oleh Listiana Srisanti

dari kemarin muji Listiana terus, siapa to itu

Teman, Bu Listiana ini tu orang keren di kalangan penerjemah indonesia. Beliau adalah peng -alih bahasa  favorit saya. Kalau nerjemahin itu..

heeh!!

kerasa gregetnya lo! apik banget, top markotop!!

Vocabulary Bu Listiana ini banyak banget. Tapi untuk seorang alih bahasa, vocaulary yang banyak saja kan tidak cukup. Alih bahasa  itu kan susah, selain vocabulary mereka juga harus memiliki kemampuan merangkai kata-kata yang mampu memikat pembacanya (makanya sebenarnya lebih mantap kalau disebut alih bahasa daripada penerjemah, karena ada unsur ngarang-nya juga gitu,jadi  pembaca ngga ngantuk gitu) .

Buku semenarik apapun dalam bahasa aslinya, bisa jadi buku yang mboseni jika penerjemah tidak andal. Boleh dibilang savior buku terjemahan itu ya penerjemahnya, hidup matinya ya tergantung penerjemah, meskipun peran editor juga nggak boleh dilupakan.

Yang  pernah membaca buku terjemahan beliau (misal : Harry Potter, memoar of a geisha) sadar nggak? Ibu ini kan sering menggunakan kata – kata aneh yang sebenarnya sudah tidak lazim digunakan, sudah kuno, sudah punah, nggak ada di KBBI. Misalnya kata ‘Tarsah”(tau kan asal katanya?) dan kata  ”alih-alih’ untuk menggantikan ‘bukannya’ .  Coba deh bukunya dibuka lagi, banyak kata – kata semacam itu.

Meskipun banyak yang protes untuk penggunaan kata kata ‘aneh’ itu, saya justru suka tuh. Buat saya itulah nilai ‘plus’ Ibu Listiana. Itulah yang membuat Harry potter begitu menarik dan hidup. Kata – kata itu menguatkan ceritanya.  Ide yang bagus hanya bisa diwujudkan apabila diceritakan dengan bagus,  sedangkan bahan utama   cerita adalah kata – kata. Kalau dari awal sudah dipilih bahan – bahan (baca : kata – kata) yang paling berkualitas, ditambah kemampuan meracik sedikit, hasilnya tidak akan pernah jauh dari bagus. Kalo kurang pintar meraciknya, hasilnya paling ‘cukup bagus, lumayan”. Kalau pintar meraciknya yang ada hanya bagus bangeeets,,

Outstanding!!

Outstanding!!

Outstanding!!

Eh jadi kebanyaken komentar..fufufu

Salam,

Bolabunderr

Note : Ada Quidditch Trough the Ages (Quidditch dari masa ke masa) juga loh!!





2 thoughts on “Fantastic Beast and Where to Find Them

  1. Wah, dua buku ini saya udah lama punya… Saya SMP udah ada nih buku….😀

    Emang bisa ya Mbak, pesen onlen buku2 Gramed? Di mana situsnya? Bayarnya transfer yak? Beneran dikirim? Beneran diskon?

    *Pengen tau bener nih*
    **Asik kalo beneran bisa**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s