Yakuza Moon, Impressed!

hi there, read this one!

hi there, read this one!

Yakuza Moon, menurut yang tertera di resensi belakang buku adalah sebuah kisah nyata seorang putri bos Yakuza di Jepang (ya iyalah di jepang!) di tulis  oleh Shoko Tendo,  sang putri Yakuza itu sendiri.

Seperti biasa, I judge the book from its cover, keren nggak-nya cover buku akan menentukan nasibnya di tangan saya. Cover nggak keren buku di tinggal, cover keren buku di bawa pulang (saya bayar dulu kuk!) Kalau ada yang bilang don’t judge the book from its cover or keren nggaknya buku nggak bisa dilihat dari covernya, kalian benar ! Cumaaaa yeah you know lah, first impression usually right, kesan pertama itu penting, mana mau mendekat kalau baru pertama bertemu udah nggak enak dilihat, jadi book publisher semua, please bikin sampul yang keren!

Dari uraian diatas, tau dunk apa yang terjadi pada Yakuza Moon? Ya, anda benar, saya bawa pulang bukunya (setelah dibayar) Secara covernya berhias seorang cewek yang se-badan di tatoo semua, apa nggak syerem tuh! Setelah saya baca, ternyata itu foto aselinya Tendo, Tatoo – nya bergambar Jigoku Dayu, Geisha kelas atas di Jepang. Makin dilihat, tatoo-nya makin cantik. Hmmmmm….keren keren!

Amburadul, adalah kata yang…mengecilkan kalau dipakai untuk mendeskripsikan kehidupan Tendo. Kata yang tepat adalah…apa ya? “Hancur lebur berantakan tersapu ombak badai”? ho, mungkin frasa panjang itu masih belum tepat untuk melukiskan kacaunya kehidupuan Tendo, kosa kata saya terbatas sih. Kalau saudara semua bagaimana? Adakah yang memiliki kosa kata yang tepat untuk menggambarkan kehidupan :

  • anak kecil yang setiap hari melihat ayahnya pulang malam dalam keadaan mabuk diantar oleh  wanita – wanita yang berbeda untuk kemudian memukuli ibunya dan membanting barang- barang?
  • atau Gadis 12 tahun yang baru lulus SD namun sudah menjadi Yankee, bergabung dengan geng, mem-bleaching rambut, menjadi liar di kelas, keluyuran sepanjang malam di jalan dan  menghirup thinner sampai teler?
  • atau ABG yang memberikan  keprawanannya kepada cowok nggak genah hanya karena dia malu masih perawan, hanya untuk dipermalukan setelahnya karena cowok rak nggenah itu bercerita pada semua temannya bahwa sebelumnya Tendo adalah perawan.
  • atau Remaja 18 tahun yang mulai kecanduan narkoba, dan untuk mendapatkannya, juga menolong ayahnya yang bangkrut, rela menjadi gundik salah satu bos mafia.
  • atau wanita yang kemudian memiliki pacar yakuza yang gemar memukulinya.
  • atau wanita yang kemudian memiliki kekasih seorang pria beristri.
  • atau wanita yang ketika hidupnya mulai membaik (setelah menikah dengan  Taka, yakuza muda yang, saya yakin, benar benar menyayanginya) harus menanggung beban hidup dan hutang kakak nya yang bersuamikan seorang penjudi. Sampai akhirnya mengaugurkan kandungannya karena keterbatasan ekonomi.
  • atau wanita yang memutuskan  berpisah dari suaminya, karena tidak tega melihat kehidupan   laki laki itu perlahan ikut hancur apabila terus bersamanya.

What ever it is, toh pada akhirnya Shoko Tendo berhasil bangkit kembali, menata hidupnya di Tokyo , menulis sambil membesarkan putrinya yang berusia dua tahun dalam damai. Pencapaian yang patut mendapatkan teleng – teleng kepala kagum untuk seseorang dengan masa lalu sekelam itu.

Ketika membaca buku ini (sangat detil dan sarat emosi) ada saatnya saya merasa Tendo ini jadi cewek bodoh bener! Sudah jelas di sakiti secara fisik, dilecehkan secara seksual, tetap saja diam. Satu hari ia jatuh ke sebuah lubang, esok harinya dia jatuh lagi ke lubang yang sama, ngga belajar dia itu!

Tapi ada juga saatnya kagum, ketika Ia disakiti satu orang, namun tetap bisa bangkit lagi, untuk disakiti lagi, lalu bangkit lagi, untuk disakiti lagi. Ia disakiti  terus, tapi bangkit juga terus, nggak takut untuk kembali melangkah. Kuat bener ya!

Yes that’s it! Sometimes people said that women act stupidly, another time they said women are weak, now you people, open your eyes! This Tendo is woman, yes sometimes she act stupidly (bet who doesn’t!! ) but she isn’t weak. Plenty of courage is needed to keep moving on after your life fell apart, Tendo practically moves forward, means she has plenty of courage, and courage makes you strong. She’s strong, stronger than any man I ever know. And she’s just a woman….No! Not “she is just a woman”…it should be “because she is a woman”…

Yes, that’s it, she’s strong because she’s a woman.

loves,

bolabunder

p.s wajib dibaca pecinta jepang a.k.a japan-freak sekedar membuka mata, kehidupan disana tidak melulu indah menyenangkan seperti dalam manga-manga dan dorama.

p.s SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA! BERSEMANGAT PUTRI – PUTRI INDONESIA! (ha..gender-ish!)

4 thoughts on “Yakuza Moon, Impressed!

  1. hoho. bener banget tuh. judge the book by its cover! hwehe…

    (^_^)v

    tapi covernya menurutku serem, tuh. tato. hi… buku yg sangat eyecatching yg terpampang di toko2 buku yg kukunjungi akhir pekan lalu.

  2. p.s wajib dibaca pecinta jepang a.k.a japan-freak sekedar membuka mata, kehidupan disana tidak melulu indah menyenangkan seperti dalam manga-manga dan dorama.

    Lho lho Ta, aku ga pernah ngebayangin kehidupan Jepang tu seneng2 mulu kok. Malah serem emang. Orang bullying-nya aja kayanya lebih parah.

    Konklusimu bikin aku inget satu kisah di Olenka, tentang seorang cewek yang hidupnya selalu terkena musibah dan musibah. Atau tentang seseorang yang “menceburkan diri ke dalam lubang meski dia tau di depannya adalah lubang”. Kadang aku mikir, ni cew kenapa sebodoh itu. Tapi aku juga merasa, kadang aku telah melakukan hal yang sama.

    Btw, lom baca bukunya nih Ta. Kayanya bakal nangis bombay. At least, njerit2 ga jelas kalo ada adegan tragis. Kqkqkqkq…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s