kutha Sala

Saya maw pulang ke Sala lagi, besuk hari jumat sore. Dari Lebak bulus naik Raya sama Yash. Sebenere ga boleh pulang sama ibu, secara minggu lalu juga pulang. Kata Ibu “Tar cape , Ta!”

Huu, ibu aja yang ngga Tau, mana mungkin cape kalo perginya ke Sala. Tiap minggu kalo mungkin, saya asik – asik aja😛

Saya biasa mengatakan kepada teman – teman kalau Kampus saya ini adalah dunia mimpi, safe zone. Disini selalu menyenangkan, damai dan melenakan -terlihat tenang tapi sebenarnya waktu berjalan dengan kecepatan cahaya, sampai saya bertanya tanya, “kemana perginya waktu?-. Lama – lama disini logika saya jadi kabur, ngga bisa berfikir jernih, lebih sering terbawa esmosi. Prioritas – prioritas hidup yang saya rencanakan juga jadi tidak mantap lagi posisinya di hati, goyah oleh ide-ide yang muncul dari perbincangan antar teman. Yang membuat saya berkeinginan untuk kompromi, untuk merubah prioritas itu sedikit, hanya sedikit tapi sering, sampai akhirnya melenceng jauh.

Dan itulah saatnya saya merasa harus pulang. Untuk sekedar mendapatkan secuil akal sehat. Karena dalam pandangan saya, Sala meskipun kecil adalah gambaran dunia nyata. Dimana segala sesuatunya tetap bergerak meskipun tanpa terburu – buru, berjuang untuk meramaikan kehidupan dengan tetap terikat pada tradisi. Sehingga setiap denyut hidupnya masih mungkin teraba untuk dinikmati.

Di Sala, satu hari itu rasanya lamaaa sekali. Saya bisa keliling kota, keluar masuk keraton, tersesat entah dimana, wisata kuliner, dan akhirnya pulang kerumah dengan belanjaan memenuhi tangan dalam satu sore, lelah tapi puas🙂

Hebatnya lagi, setiap kali saya menginjakkan kali di Sala, semua pikiran – pikiran aneh -baca ;ide – ide baru saya rasanya langsung menjauh, meninggalkan saya tanpa jejak. Prioritas- prioritas lama kembali kokoh posisinya. Saya merasa dilahirkan kembali! halah. Saat itu hanya ada saya dan pikiran saya, merdeka tanpa pengaruh orang lain.

Ke sala besuk, saya mau keliling kota lagi, foto foto pake canon ixus 860 saya yang masih gress yang dengan bodoh charger nya saya tinggal di sala. Kemaren masuk kraton cuma moto  kyai Slamet oleh-oleh buat teman sekantor yang ngefans. Huff…..

salam

bola bunder,

sangat bersemangat pulang lagi…hurray

Leave a Reply

