YOU: The Owner Manual

YOU: The Owner Manual karya mahmet Oz dan michael Roizen. Sesuai dengan bukunya, buku ini memuat manual atau pedoman bagi seorang pemilik untuk mengoperasikan secara optimal segala macam perkakas yang mereka miliki, yang kebetulan juga dimiliki oleh kebanyakan orang di seluruh dunia.

sorry, ini edisi luar negerinya

sorry guys, saya nampilinnya cover edisi Inggris nya, yang cover versi Indo- nya ga ketemu. Yang jelas kalo kalian ke Gramedia, cukup melangkah ke arah rak buku kedokteran, warnanya ijo, dengan ilustrasi buku – buku yang ditumpuk, mayan tebel. Kalo Mata ternyata ga bisa geliat buku nyelip, langsung nanya mbak – mbak atawa mas mas-nya juga di perbolehkan, jangan lupa senyum n bilang terima kasih!.

Buku ini dibagi jadi 12 bab, yang masing masing bab merupakan manual untuk menjalankan perkakas tertentu, mulai dari jantung, syaraf, sistem pencernaan, sistem pernafasan,reproduksi hormon, dll

Serunya, ga kayak buku pelajaran anak – anak kedokteran, buku ini disusun dengan gaya bahasa yang santai, cerdas, menggelitik dan kadang sarkastik, dilengkapi dengan ilustrasi berantakan yang herannya sangat informatif. Setiap bab dibagi menjadi tiga bagian, yang pertama menerangkan tentang cara kerja suatu sistem, yang kedua menerangkan masalah – masalah yang bisa terjadi, dan yang ketiga adalah bagian yang memuat rencana hidup awet muda anda.

Di setiap sudutnya juga terselip balon – balon sisipan yang mencoba mengurai mitos – mitos dalam kehidupan yang fana ini. Misalnya dari mitos ‘memencet jerawat bikin cepat sembuh, trus juga dukungan untuk para ibu yang selalu meneriakkan “cuci tanganmu sebelum makan!”

Dia awal buku ada beberapa halaman ujian, penuh soal – soal yang berbau kesehatan. Kita disuruh mengerjakan itu dulu untuk mengetahui tingkat kecerdasan kita dalam hal perkakas tubuh. Hasil nya kita bisa termasuk dalam salah satu kelompok yang mereka tentukan.

yang pertama adalah kelompok para ahli kesehatan

yang kedua adalah kelompok orang yang concern dengan kesehatan

yang ketiga adalah kelompok orang awam

dan yang keempat adalah kelompok ‘anda ini kadal atau apa?’

Yang saya cintai adalah cara bagaimana buku ini meyakinkan saya bahwa kesehatan adalah hal utama yang harus saya perhatikan bila ingin hidup awet muda dan bahagia dan betapa organ – organ tubuh itu adalah sebenar – benarnya mahakarya . Setelah membaca buku ini, sesaat saya menunduk menatap badan saya sendiri dan berkata “Hai Jantung, Paru paru, ginjal, kalian yang di dalam sana , gimana kabarnya? nyamankah bekerja atau kesakitan? Untuk pertama kalinya saya menyadari betapa berat kerja mereka untuk saya, dan betapa organ itu sangat berharga. Dari situlah akhirnya tumbuh rasa sayang dan syukur di dalam diri saya.

Yang saya cintai kedua adalah karena saya menemukan bahwa buku ini tidak menggurui, tapi menuntun menuju kesadaran pribadi. Dengan demikian, tanpa ragu ataupun terpaksa saya mengikuti langkah – langkah yang disarankan. Tekad saya bulat, semuanya demi diri saya sendiri. Sekarang kalau saya jadi pemilih makanan, atau mengharuskan makan sesuatu,atau ikut olahraga ini itu, bukan karena ingin terlihat lebih ramping atau lebih menarik, tapi agar saya sehat. Kalupun nantinya saya jadi terlihat lebih ramping, ya itulah bonusnya…

*kesimpulan:

YOU: The Owner Manual : a must Have

salam sehat

bolabunder

Leave a Reply

